GubugJiwa

Solusi Ngonten dengan Content Plan

8 komentar
Content Plan, Perencanaan Konten

   "Pengen nulis, pengen ngisi blog biar gak garing tapi gatau mau nulis apa". Pernah nggak temen-temen ngerasain hal seperti itu ? Kalau iya, berarti kita sama hehee... dann solusinya adalah dengan membuat content plan atau blog plan. Perencanaan dapat membantu kita dalam menjalankan misi, salah satunya dalam dunia kepenulisan. Namun, perencanaan terasa hampa jika tidak dibarengi dengan konsistensi dan tindakan nyata. Sebelum membahas lebih jauh, yuk kita kenali dulu tentang content plan.  

Mengenal Content Plan

    Perencanaan konten ini merupakan salah satu cara yang kita lakukan dengan melibatkan imajinasi kita tentang konten apa saja yang nantinya akan kita tulis. Dalam dunia blog, hal ini dapat kita lakukan sebagai bentuk perencanaan terhadap arah dari proses blogging, mulai dari tujuan yang ingin dicapai, niche /kategori tulisan, jadwal posting hingga membuat outline.
    Content Plan ini ada 4 jenis yaitu :

Yearly Plan

    Perencanaan tujuan yang di dalamnya menyangkut konten dan pengaturan lainnya dalam jangka waktu 1 tahun. Jadi, dalam kurun waktu satu tahun apa saja yang direncanakan untuk blog kita ? Hal ini dapat kita rencanakan terlebih dahulu.

Monthly Plan

    Selain dalam kurun waktu 1 tahun terdapat pula perencanaan dalam jangka waktu 1 bulan. Sama seperti perencanaan tahunan, bedanya hanya dalam waktu 1 bulan kedepan apa yang akan dilakukan ? Kemudian di bulan berikutnya kita dapat membuat perencanaan lagi dengan melakukan evaluasi terhadap perencanaan sebelumnya

Weekly Plan

    Lebih singkat lagi, yaitu perencanaan dalam jangka waktu 1 minggu. Apakah dalam seminggu kita akan postingan ODOP (One Day One Post) atau seminggu 2-4 kali posting ? Nah hal ini dapat kita buat perencanaan yang lebih matang di awal minggu.

Daily Plan

    Kalau yang satu ini biasanya kita buat dengan cara membuat outline tulisan. Mulai dari merencanakan tema, judul, sumber atau referensi hingga poin-poin yang akan dikembangkan dalam tulisan

Keuntungan Membuat Content Plan

    Lalu sebenernya kenapa sih kita harus membuat content plan ? Tunggu... mungkin sebenarnya bukan "kita harus" namun "kita butuh". Lho apa bedanya ?. Ketika mengatakan "kita harus" itu berarti seolah hal ini merupakan sebuah kewajiban dan berujung pada perasaan terbebani. Hal ini berbeda jika kita mengatakan bahwa "kita butuh", maka dengan adanya perencanaan ini akan membuat kita lebih bersemangat karena kita yang membutuhkannya sebagai upaya untuk memudahkan membuat konten kedepannya.
Manfaat Content Plan

    Oke, tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat apa saja manfaat membuat content plan ini :

1. Agar Postingan Lebih Teratur serta Konsisten

    Melalui adanya perencanaan ini kita dapat memperkirakan kapan akan posting artikel. Apakah seminggu sekali, atau bahkan setiap hari. Keteraturan dalam jadwal posting ini dapat membantu kita untuk lebih konsisten dan bertanggung jawab akan mimpi kita sebagai penulis atau blogger. 

2. Tema Konten Lebih Seimbang

    Pernah nyoba ngecek tema-tema tulisan apa saja yang sudah diposting ? Apakah cukup seimbang satu sama lain ? Atau ada beberapa tema yang dominan, sedangkan tema lain ada yang terkesan terabaikan ? Nah dengan adanya content plan ini nantinya akan membantu kita untuk membagi tema-tema mana saja yang akan di tulis sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.

3. Sesuai Harapan Pembaca

    Perencanaan ini juga akan membantu kita untuk menyediakan konten-konten yang ditunggu oleh pembaca. Tentunya dalam hal ini tidak berdiri sendiri, kita harus menganalisa terlebih dahulu konten seperti apa yang sesuai dengan pembaca kita ? Baru kemudian kita rencanakan mengangkat tema yang sesuai.

4. Dapat Memanfaatkan Hari Peringatan

    Ketika mau nulis, seolah stag dan gatau mau nulis apa, tanpa sadar hari ini adalah peringatan Hari Lahir Pancasila (misal) yang bisa jadi patokan arah tulisan kita. Melalui adanya perencanaan ini kita akan lebih peka terhadap hari-hari peringatan tertentu sehingga tulisan kita sesuai dengan euforia yang sedang berjalan.

5. Menyediakan Gudang Ide

    Pembuatan perencanaan tidak lepas dari pengumpulan ide-ide dari berbagai inspirasi, setelah itu baru kita ploting menyesuaikan hari atau tanggal tertentu. Dengan ini maka content plan akan menjadi sebuah gudang ide untuk tulisan kita.

6. Mempermudah dalam Mencari Postingan Lama

    Tidak jarang kita perlu untuk membuka postingan lama, entah sebagai referensi atau kepentingan lain. Link dari postingan itu dapat kita cantumkan dalam perencanaan kita sehingga nantinya akan mempermudah kita dalam mencari postingan lama.

7. Lebih Efektif

    Dibanding harus mencari ide terlebih dahulu sebelum menulis yang pastinya membutuhkan waktu lebih, dapat kita buat lebih efektif dengan membuat perencanaan terlebih dahulu. Jadi, ketika harus segera menyelesaikan tulisan, kita tidak perlu bersusah-susah mencari ide.

Cara Membuat Content Plan

    Setelah mengetahui tentang berbagai keuntungan yang dapat kita peroleh dari pembuatan perencanaan, rasanya udah gak sabar pengen bikin content plan.
Perencanaan Konten

    Jadi berikut cara untuk membuat perencanaan konten :

1. Tentukan Tujuan

    Tentukan tujuan yang ingin dicapai melalui adanya content plan.

2. Tentukan Jangka Waktu

    Pilih jenis perencanaan akan dibuat, apakah dalam kurun waktu satu tahun, satu bulan, satu minggu, atau harian.

3. Tentukan Jadwal Posting

    Pertimbangkan jadwal posting yang akan dibuat, apakah setiap hari, atau seminggu sekali, atau berbagai pilihan jadwal posting. Sesuaikan dengan kegiatan lain agar tidak bertabrakan.

4. Buat Tabel

    Buat tabel yang berisikan : No, Hari, Tanggal, Tema, Keyword, Judul, Referensi, Status, Link. Tabel tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan penulis.

5. Identifikasi Hari Peringatan

    Sebelum menentukan tema, kita dapat mengidentifikasi terlebih dahulu hari-hari peringatan Nasional maupun International.

6. Isi tabel

    Kemudian isi tabel sesuai dengan judul masing-masing kolom.

7. Kreasikan

    Setelah semua terisi, maka silahkan buat content plan se kreatif mungkin versi kamu.

8. Buat Outline

    Nah, jangan lupa buat outline tulisan tiap konten, khususnya bagi yang membuat versi daily plan.

    Ternyata dengan adanya perencanaan dapat meringankan kita dalam menulis konten kedepannya yah, mulai dari tujuan, jadwal posting hingga tema. Jadi, content plan ini dapat menjadi solusi kita dalam menulis, khusunya dalam dunia blogging. Sekian~ Terimakasih sudah membaca sampai akhir, semoga bermanfaat. 😊

Sumber

Blogspedia Coaching Batch 1
santiriksa
Sedang belajar ngeblog II Yuk Follow IG @gubug_jiwa atau klik logo Instagram di halaman paling bawah

Related Posts

8 komentar

  1. Hwah lengkap sekali informasinya, di tunggu konten-konten terbaiknya untuk 2021. Good luck kak santi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak, semoga bisa terealisasi hehe... Good luck juga Pak :)

      Hapus
  2. Asiiiikkk, tutorialnya lengkap inii 😍😍

    Semangat ngontennya mba.

    BalasHapus
  3. Seru nih blog plannya, ditunggubartikel slanjutnya kak

    BalasHapus
  4. Ngonten terus dan tetap semangat.

    BalasHapus

Posting Komentar