Hai teman-teman, kali ini aku mau sedikit
berbagi hasil Maraton Coaching tentang Page View dengan pembicara Mba Rini Novita Sari atau yang
lebih dikenal dengan nama Mba Rini Celoteh Dini Hari dan Mas Bahrul Ilmi.
Sedikit bercerita bahwa selama mengikuti kelas blogging Mba Marita, ada satu
coaching yang kami ikuti yaitu Maraton Coaching selama 3 hari (25, 26, 27
Oktober 2020 tiap pukul 19.00 sampai sekitar pukul 21.30). Nah untuk materi
yang pertama yaitu mengangkat tema “Bongkar Rahasia Page View”. Sebelum masuk
ke hasil resume materi, aku ingin sedikit memperkenalkan kedua narasumber Day 1
Maraton Coaching.
Profile Singkat Narasumber
Rini Novita Sari
Beliau adalah seorang accounting staff muda yang menekuni
dunia blog sejak tahun 2018 dan me-monetize
blog mulai tahun 2019. Yuk yuk mampir ke blog narasumber kece ini di lifestyle blognya Celoteh Dini Hari .
Kerennya lagi nih, blog milik Mba Rini ini punya segudang pencapaian, yaitu
juara 1 Software Accurate Blog Competition di tahun 2019, Juara 1 Pantum
Printer Competition di tahun 2019, Juara 2 Traveloka Eats Blog Competition di
tahun 2020 dan masih banyak lagi. Selain
itu Mba Rini juga merupakan owner Neo Digital Writer, yaitu jasa penulisan
artikel. Gimana nih ? Kurang kece apa coba ? hehee..
Bahrul Ilmi
Nah kalau pembicara yang satu ini
juga gak kalah keren. Mas Bahrul Ilmi atau yang lebih sering dikenal dengan
sebutan Mas Baim ini merupakan blogger asal pontianak yang sangat inspiratif.
Kenapa begitu ? Karena di tengah kondisi spesialnya (penyandang disabilitas
daksa) beliau mampu mengembangkan diri di dunia penulisan, khususnya blogging.
Beliau mengenalkan dirinya kepada kami sebagai seorang blogger, content writer
dan web content editor. Profil lengkapnya bisa kita cek di blog coach Marita
nih di Profil Bahrul Ilmi.
Setelah kenalan sedikit dengan narasumber, langsung
saja kita masuk ke hasil resume materi tentang “Bongkar Rahasia Page View”.
Page View dan Google Analytics
Pageview sendiri merupakan istilah
yang menunjukkan jumlah halaman yang dikunjungi pada website atau blog kita.
Ini menjadi salah satu indikator seberapa banyak orang membaca artikel atau
tulisan di blog kita. Apakah meningkat atau malah menurun ?. Kalau menurun maka
kita harus mulai berfikir apa yang harus diperbaiki dari blog kita. Nah
masalahnya adalah banyak blogger yang masih mengabaikan jumlah pagevies atau
traffic pada blog, kemudian masih kebingungan sebenarnya apasih manfaat dari
menaikkan pageviews (PV) ini ?, selain itu bingung juga tentang bagaimana cara
meningkatkan PV ini, ditambah lagi banyak blogger yang terlalu fokus pada Authority tetapi lupa untuk
mengoptimalkan PV.
Pentingnya Meningkatkan Jumlah Pageview Blog
Sebenarnya kenapa sih kita harus memperjuangkan
pageview kita ? Nah kalau dari materi yang saya dapat, PV ini menjadi salah
satu faktor yang diperjuangkan oleh para pejuang Adsense, selain itu juga dapat meningkatkan conversion rate. PV
sendiri juga menjadi ukuran seberapa berkualitas blog dan konten kita. Semakin
berkualitas blog dan konten kita maka akan meningkatkan Rate Card (Harga) kita. Beberapa klien (Agency atau Advertiser)
juga meminta hasil PV kita untuk melihat seberapa banyak pengunjung atau
peminat blog kita dalam kurun waktu tertentu, sehingga semakin tinggi PV maka
akan memperbesar peluang mendapatkan tawaran kerjasama.
Cara Menaikkan PV Blog
1.
Riset Keyword
Keyword atau kata kunci disini
memiliki peran yang cukup penting dalam penulisan artikel. Semakin kita tahu
kata kunci yang tepat untuk artikel kita maka peluang mendapatkan pembaca akan semakin
meningkat. Berikut ada beberapa cara yang bisa kita gunakan, yaitu :
a.
Gunakan intuisi
atau feeling
b.
Menggunakan Google
Keyword Planner
c.
Keywordtool.io +
Google Keyword Planner
d.
Keywordfinder.io
e.
Neil Patel
2.
Menulis Artikel
SEO dan Human Friendly
Kita juga tidak bisa sembarangan atau
sesuai keinginan kita ketika ingin menulis sebuah artikel. Ternyata ada
beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat meningkatkan jumlah PV blog
kita, yaitu :
a. Pilih
bahasa yang paling nyaman
b. Pilih
keyword yang tepat
c. Judul
berisi keyword (cari di google halaman 1)
d. Perhatikan
URL
e. Jumlah
kata
f.
Penempatan keywod
g. Jumlah
keyword
h. Heading
subheading
i.
Link internal dan eksternal (eksternal job
jangan menggunakan blog jualan)
j.
Optimasi gambar (alt dan teks image)
k. Meta
deskripsi (mengandung keyword)
l.
Masukkan LSI
3.
Link Building
Membangun link disini merupakan
sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju
website kita. Salah satu caranya bisa dengan menitipkan link ke blog teman atau
bertukar link dengan teman.
4.
Membuat Artikel
Trending atau Viral
Kita dapat membuat artikel yang
memang sedang trending atau viral, dalam hal ini berarti yang pertama harus
kita tahu adalah apasih yang lagi viral ?. Nah untuk itu kita dapat menggunakan
fasilitas https://trends.google.com/trends/explore.
5.
Blogwalking
Istilah blogwalking ini merujuk pada aktivitas mengunjungi blog. Nah, kita
bisa saling mengunjungi blog antar sesama blogger dan saling meninggalkan jejak
di komentar untuk meningkatkan aktivitas blog kita.
6.
Optimasi Pagespeed
Pernah gak sih temen-temen merasa
sebel ketika membuka sebuah blog namun loadingnya lama banget ? Ternyata hal
tersebut juga mempengaruhi PV kita loh. Jadi kita dapat melakukan optimasi pagespeed dengan cara
mengecilkan ukuran gambar dan mengurangi hal-hal lain yang memberatkan loading
pada blog.
7.
Desain Blog yang
menarik dan Navigasi yang jelas
Kita tidak bisa memungkiri bahwa
kenyamanan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kita akan tetap bertahan di
blog tersebut atau memilih pergi. Oleh karena itu, tampilan dan navigasi di
blog kita juga akan mempengaruhi PV.
8. Kulik Search Console
9.
Kulik Google
Analytics
Beberapa kelebihan atau keuntungan
kita memasang google analytics adalah mengetahui traffic blog, sumber traffic,
evaluasi konten, lebih memahami audiens, serta menjadi laporan kerja sama
dengan klien. Berikut ada beberapa menu yang wajib kita ketahui dalam google
analytics :
a.
Real-Time =
Melihat aktivitas visitor secara langsung pada blog
b.
Audience =
Mengenal visitor yang datang ke blog kita
c.
Acquisition =
Melihat rangkuman data traffic pada blog
d.
Behavior = Melihat
pelaku pengguna pada blog
e.
Insight = Data
user pada blog
Indikator Penilaian Klien untuk Kerjasama
Teman-teman,
bersyukur banget nih dapet materi tambahan dari narasumber kita tentang
beberapa indikator penilaian klien terhadap blog untuk diajak kerjasama.
Langsung saja berikut indikatornya :
1.
DA dan DR
2.
PV dan UV
3.
Komen atau
Interaksi Blog
4.
Keaktifan Blog /
Jumlah Indexing
5.
Tampilan Blog
6.
Konten dan Gaya
Tulisan
7.
Foto / Infografis
8.
Engagement Sosmed
9.
Kesesuaian konten
Blog dengan Produk Milik Klien
Wahh.. akhirnya selesai juga hasil pembahasan Maraton Coaching Day 1 tentang pageview, mulai dari pentingnya hingga tips-tips meningkatkan pageviews. Semoga Bermanfaat 😍
Pageview blogku naik turun mba, tergantung mood kayaknya hehe
BalasHapusMasih belajar juga buat naikin PV nih
Blognya Mba mah udah keren bangetttt, semangat meningkatkan PV Mbaa
BalasHapus