Setelah berpusing ria dengan dua materi sebelumnya
tentang Page View & Google Analytics serta Fotografi & Media Sosial.
Kali ini kita akan memperbanyak perbedaharaan kata kita di dalam dunia
Blogging. Hal ini nantinya akan membantu kita (as a newbie) untuk lebih
memperhatikan detail yang ada di blog kita. Yuk langsung aja kita berkenalan
dengan istilah-istilah yang aku dapatkan dari kelas Mba Marita di dunia blog.
Istilah-Istilah di Dunia Blog
Istilah |
Pengertian |
Platform |
Jenis
mesin blog, contohnya ada blogspot, wordpress, wix dan lain sebagainya. |
Template/
Theme |
Tema
pada tampilan blog dimana terdapat tema yang sudah disediakan oleh blogspot
maupun yang disediakan oleh pihak ketiga. |
Niche |
Topik
di dalam blog, topik ini dapat dibuat spesifik ataupun umum. |
Meta
deskripsi |
Penjelasan
tentang kata kunci blog, biasanya muncul saat blog berada di mesin pencari.
Meta deskripsi ini berlaku untuk blog dan masing-masing artikel yang ada di
blog. |
Dashboard |
Ruang
kerja blogger. Di sini blogger biasanya membuat dan mengedit tulisan, melihat
jumlah tayangan blog, dan mengelola pengaturan terkait blog. |
Layout |
Tata
letak yang akan ditampilkan di blog, dimana secara umum di dalamnya terdapat
header, body, sidebar, dan footer. |
Header |
Header
ini merupakan bagian yang menampilkan judul blog dan biasanya terdapat di
bagian atas blog. |
Body |
Bagian
yang menampilkan isi utama blog (artikel) |
Sidebar |
Bagian
samping yang biasanya diisi dengan widget profile, arsip, popular post, dll.
Sidebar ini bisa berada di salah satu sisi (kanan atau kiri saja) dan bisa
berada di kedua sisi (kanan dan kiri). |
Footer |
Bagian
paling bawah yang menampilkan copyright, dan lain sebagainya. |
Widget/
gadget |
Aplikasi
– aplikasi tambahan di blog, seperti profile, popular post, dan lain
sebagainya. |
URL |
Alamat
blog atau postingan yang diawali dengan http/https, maupun www. URL ini
merupakan singkatan dari Uniform
Resource Locator, yang berarti cara mengidentifikasi lokasi file di
internet. Dapat disimpulkan bahwa URL adalah sebuah cara bagaimana kita
menemukan sebuah lokasi file yang berada di internet, baik berupa situs,
gambar, video, program perangkat lunak, ataupun jenis file lainnya. |
Blogwalking |
Berkunjung
ke blog lain untuk membaca artikel dengan atau tanpa meninggalkan komentar. |
Monetisasi |
Memaksimalkan
blog sebagai sarana mendapat penghasilan, bisa melalui Adsense, menerima iklan banner, placement content, job review,
dan lain sebagainya. |
Google
Analytics |
Fasilitas
dari google yang memudahkan kita untuk mengetahui jumlah penayangan blog,
target pembaca, usia pembaca, atikel paling banyak dicari, dan lain
sebagainya. |
Google
Search Console |
Fasilitas
dari Google yang memudahkan kita untuk melakukan indexing artikel blog. |
Domain |
Alamat
website. Disini terdapat dua istilah lagi, yaitu Sub Domain dan Top Level Domain
atau yang lebih dikenal dengan istilah TLD. Contoh sub domain :
maritaningtyas.blogspot.com , contoh
Top Level Domain ; maritaningtyas.com. |
Domain
Authority & Page Authority |
Penilaian
blog yang dikeluarkan oleh Moz.
|
Alexa |
Rank
dari Amazon, untuk memperlihatkan traffic. |
Domain
Rating |
Sejenis
dengan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority, akan tetapi dikeluarkan
oleh Ahrefs |
DA/PA,
Alexa, DR ini biasanya digunakan sebagai standar agensi/ klien untuk melakukan
pemilihan pemberian job kepada blogger. |
|
SEO |
Search
Engine Optimization, yaitu teknik ngeblog yang bertujuan agar blog kita lebih
mudah masuk ke mesin pencari. |
Content
Planner |
Membuat
rencana jangka pendek atau jangka panjang untuk ngeblog (berkaitan dengan
konten artikel). |
Rate
Card |
‘Pricelist’ kita sebagai seorang
blogger. |
Backlink |
Link
yang masuk ke sebuah situs atau web. Terdapat dua jenis yaitu intenal
backlink dan eksternal backlink. Internal backlink yaitu link yang mengarah
ke artikel lain di dalam blog kita, sedangkan eksternal link yaitu link yang
mengarah ke artikel lain di luar blog kita. |
Setelah
berkenalan dengan semua istilah di atas kayaknya akan lebih menarik jika kita
bahas sedikit tentang persiapan yang perlu kita lakukan sebelum membuat blog.
Anggap saja ini sebagai menu penutup setelah menu utama kita yah, hehee...
Breakdown Rencana Blog
1. Pikirkan
niche
Salah satu hal yang penting yaitu pemilihan
niche. Tentukan topik apa yang nantinya akan diangkat dalam blog kita. Apakah spesifik
mengarah pada satu topik tertentu (makanan, fashion, adat, dan lain sebagainya)
atau topik secara umum (blog gado-gado yang siap menerima berbagai tema)
2. Pikirkan
judul blog
Pilih judul blog yang sesuai dengan niche, akan
lebih baik jika judul blog mudah diingat dan memiliki ciri khas.
3. Pikirkan
tagline blog
Tagline ini tidak kalah penting dalam dunia
blog, hal ini yang nantinya juga menjadi gambaran visi misi kita dalam ngeblog.
4. Pikirkan
logo blog
Logo blog dapat disesuaikan pula dengan
filosofi blog kita, atau juga bisa dibuat sederhana menggunakan huruf depan
blog atau huruf depan nama kita.
5. Pikirkan
domain yang nantinya akan disematkan untuk blog
Pemilihan domain ini dapat mempengaruhi
kepercayaan pembaca juga, apakah menggunakan domain gratisan seperti blogspot
atau domain berbayar. Namun, bagi pemula seperti ku, akan lebih disarankan
untuk menggunakan domain gratisan dulu sebagai media belajar dan memperbaiki
kualitas konten.
6. Pilih
template
Nah, pemillihan niche ini bisa saja
mempengaruhi pemilihan template, terutama saat mendesain header, atau memilih
warna dasar agar memiliki satu kesatuan.
7. Pilih
Kategori atau label
Niche yang dipilih juga menentuka kategori apa saja yang
ada di dalam blog tersebut.
Sepertinya sudah cukup yah pembahasan kita kali ini tentang berbagai istilah di blog untuk menambah perbendaharaan kata blogger newbie sepertiku beserta dengan persiapan yang harus disiapkan untuk membuat blog yang lebih tertata.
Terimakasih sudah membaca. Semoga Bermanfaat.💕
Posting Komentar
Posting Komentar